RENCANA
PELAKSANAAN LAYANAN
BIMBINGAN
KLASIKAL
SEMESTER
II(GENAP) TAHUN PELAJARAN 2016/ 2017
A
|
Komponen Layanan
|
Layanan dasar
|
B
|
Bidang Layanan
|
Belajar
|
C
|
Topik Layanan
|
Meningkatkan
Konsentrasi Belajar
|
D
|
Fungsi Layanan
|
Pemahaman dan Pengembangan
|
E
|
Tujuan Umum
|
|
F
|
Tujuan Khusus
|
1. Peserta
didik memahami pengertian konsentrasi belajar
2. Peserta
didik mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi dan manfaat dari konsentrasi
3. Peserta
didik mengetahui penyebab seseorang sulit berkonsentrasi
4. Peserta
didik dapat menerapkan cara-cara meningkatkan konsentrasi belajar
5.Peserta didik menunjukkan perilaku yang positif dalam
meningkatkan konsentrasi belajar
|
G
|
Sasaran Layanan
|
Kelas X
|
H
|
Materi Layanan
|
1. Pengertian
konsentrasi belajar
2. Hal-hal
yang mempengaruhi konsentrasi belajar
3. Manfaat
konsentrasi
4. Penyebab
sulit berkonsentrasi dalam belajar
1. Cara meningkatkan konsentrasi
belajar
|
I
|
Waktu
|
2 x 45 menit
|
J
|
Sumber
|
Buku tentang Meningkatkan konsentrasi,
artikel, dan media sosial
|
K
|
Metode / teknik
|
Diskusi
|
L
|
Media / Alat
|
powerpoint / Laptop ,
Lcd
|
M
|
Pelaksanaan /
langkah-langkah
|
|
Tahap Awal
|
||
a. Pendahuluan
|
1. Menyapa
peserta didik dengan ucapan salam “selamat pagi”
2. Cek
kehadiran peserta didik
3. Memberikan
ice breaking
4. Menyampaikan
tujuan dari kegiatan bimbingan klasikal yaitu agar peserta didik dapat
berkonsentrasi dalam mengikuti pelajaran yang sedang di hadapi
|
|
b. Penjelasan
tentang langkah-langkah kegiatan
|
Menjelaskan langkah
kegiatan dimulai dari membentuk
kelompok, penyampaian materi dengan powerpoint,
memberikan tugas kepada tiap kelompok diskusi dan meminta setiap peserta didik agar
aktif dalam mengikuti
bimbingan klasikal
|
|
c. Mengarahkan
kegiatan (konsolidasi)
|
Menjelaskan pentingnya
membahas topik tentang meningkatkan
konsentrasi
|
|
Tahap Inti
|
||
a.
Kegiatan Peserta didik
|
·
Peserta didik membentuk beberapa kelompok
·
Peserta
didik menyimak powerpoint dan penjelasan
guru
·
Setiap
kelompok diminta untuk mendiskusikan cara-cara meningkatkan konsentrasi
belajar
·
Peserta
didik saling memberikan pertanyaan dan menanggapi hasil diskusi dari kelompok
lain
|
|
b. Kegiatan
guru bimbingan konseling atau konselor
|
Menyampaikan materi
tentang meningkatkan konsentrasi
belajar yang meliputi, pengertian, faktor yang mempengaruhi, penyebab kesulitan
berkonsentrasi, manfaat, dan cara-cara meningkatkan konsentrasi belajar.
Memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada peserta didik untuk merespon
perhatian peserta didik. Pertanyaan meliputi
1. Apa
pentingnya peserta didik
berkonsentrasi dalam belajar?
2. Apa saja manfaat dari konsentrasi belajar?
3. Bagaimana cara meningkatkan konsentrasi belajar?
4. apa
saja yang sudah peserta didik lakukan untuk meningkatkan konsentrasi dalam belajar
?
|
|
Tahap Penutup
|
||
Merangkum kegiatan
bimbingan klasikal tentang meningkatkan
konsentrasi belajar dan memberikan tugas kepada peserta didik berkaitan dengan
materi yang dibahas
Melihat hasil
bimbingan klasikal, dan merencanakan bimbingan kelompok untuk peserta didik
yang memiliki konsentrasi
belajar yang rendah
|
||
N
|
Evaluasi
|
|
1.
Evaluasi Proses
|
o Peserta
didik/konseli terlibat secara aktif dalam kegiatan layanan
o Peserta
didik/konseli memiliki antusias yang tinggi dalam kegiatan layanan
o Peserta
didik memiliki rasa nyaman selama proses bimbingan klasikal
·
|
|
2.
Evaluasi Hasil
|
·
Peserta didik
memiliki pemahaman diri, sikap dan perilaku
·
Peserta didik
memiliki Perasaan Positif setelah bimbingan klasikal
·
Peserta didik membuat
rencana kegiatan yang akan dilaksanakan pasca layanan untuk meningkatkan konsentrasi belajar
·
Pencapaian Standar
Perkembangan/Kompetensi Kemandirian Peserta didik
|
Mengetahui Singaraja,
21 Maret 2017
Kepala Sekolah SMA N 10 Singaraja Guru BK
(......................................................) (.............................................)
MATERI
A.
Pengertian
Konsentrasi
Konsentrasi
adalah pemusatan pemikiran kepada suatu objek tertentu. Semua kegiatan kita
membutuhkan konsentrasi. Dengan konsentrasi kita dapat mengerjakan pekerjaan
lebih cepat dan dengan hasil yang lebih baik. Karena kurang konsentrasi hasil
pekerjaan biasanya tidak dapat maksimal dan diselesaikan dalam waktu yang cukup
lama.
Oleh karena itu
konsentrasi sangat penting
dan perlu dilatih.
Pikiran kita tidak boleh dibiarkan melayang-layang karena dapat menyebabkan
gangguan konsentrasi. Pikiran harus diarahkan kesuatu titik dalam suatu
pekerjaan. Dengan begitu pikiran kita makin hari akan semakin kuat.
B.
Penyebab Susah Konsentrasi
Salah satu
penyebab seseorang mengalami gangguan
konsentrasi adalah karena orang tersebut gemar melamun secara berlebihan.
Ketika seseorang melamun maka pikirannya akan melayang-layang sehingga kekuatan
konsentrasinya menjadi lemah. Perilaku ini harus secepatnya dicegah karena jika
hal ini dibiarkan terlalu lama maka orang tersebut akan menjadi gagal dalam mencapai cita-citanya.
Agar
konsentrasi menjadi kuat maka kita perlu melatih
konsentrasi. Pikiran perlu diarahkan hanya pada satu titik saja pada
suatu waktu. Jika pikiran melayang maka orang tersebut harus diingatkan dan
diarahkan agar kembali ke titik semula.
Jika anak
mengalami gangguan konsentrasi maka akan berdampak buruk terhadap prestasinya
di sekolah. Gangguan
konsentrasi anak akan menyebabkan keterlambatan dalam hal membaca,
menulis dan berhitung. Keterlambatan tersebut juga berdampak dalam kemampuannya
berbahasa seperti mendengar dan membaca.
Mengingat masa
kanak-kanak merupakan masa pembelajaran maka gangguan konsentrasi harus
secepatnya diatasi
agar pendidikan anak kedepannya akan menjadi lebih baik.
C.
Tips Meningkatkan Konsentrasi
1. Berusahalah disiplin dengan jadwal belajar dan buatlah menjadi rutinitas.
Caranya, bisa dengan membuat jadwal belajar secara teratur. Hal ini akan membuat polan belajar kita lebih efisien.
Caranya, bisa dengan membuat jadwal belajar secara teratur. Hal ini akan membuat polan belajar kita lebih efisien.
2. Belajar di tempat yang tenang. Karena dengan kondisi yang tenang kita dapat
dengan mudah menyimak apa yang kita pelajari. Namun memang tidak semua orang
memilih belajar di tempat tenang, bahkan ada yang harus mendengarkan musik agar
semua pelajaran masuk. Hal itu tentu disesuaikan dengan kebiasaan setiap orang.
3. Pada saat jeda atau istirahat belajar, coba lakukan sesuatu yang berbeda
dari biasa kita lakukan. Misalnya, berjalan-jalan (apabila sebelumnya kita
duduk) ke sebuah tempat yang lain, di luar lokasi belajar.
4. Selalu ajukan pertanyaan untuk materi-materi yang telah kita pelajari.
Jangan melamun saat belajar.
5. Sebelum jam sekolah dimulai, lihat lagi catatan sebelumnya dan baca bahan
belajar selanjutnya untuk mempersiapkan segala ide atau materi yang akan
disampaikan pengajar.
6. Tunjukkan minat yang besar selama mengikuti pelajaran. Hal ini penting
untuk memotivasi diri.
7. Hindari gangguan-gangguan kecil yang bisa mengganggu konsentrasi kita saat
mengikuti, dengan memilih duduk di bagian depan dan jauh dari teman yang bisa
bersama kita. Dengan demikian, kita akan fokus mendengarkan pengajar dan
mencatat apa yang disampaikan.
D.
Manfaat/keuntungan jika mampu berkonsentrasi dengan baik pada saat
mengikuti proses pembelajaran di kelas adalah sebagai berikut.
·
Lebih mudah dan cepat menguasai materi ajar yang disajikan.
·
Menambah semangat/motivasi untuk lebih aktif beraktifitas dalam belajar.
·
Memudahkan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran.
·
Suasana belajar menjadi semakin nyaman.
·
Memudahkan kita mendapatkan pengalaman yang baru.
·
Munculnya hal-hal yang positif dalam diri.
·
Dan lain-lain.
http://www.hprory.com/pengertian-konsentrasi/
http://www.hprory.com/pentingnya-melatih-kekuatan-konsentrasi/
INSTRUMENT EVALUASI PADA EVALUSI PROSES
OBSERVASI
No
|
Indikator
yang diamati
|
SKOR
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Peserta didik
aktif dalam kegiatan layanan
|
||||
2
|
Peserta didik
antusias dalam kegiatan
|
||||
3
|
Kreativitas
peserta didik dalam kegiatan
|
||||
4
|
Peserta didik
dapat saling menghargai satu dengan yang lain
|
||||
5
|
Aktivitas dalam
setiap kegiatan kelompok
|
||||
6
|
Dalam diskusi
kelompok peserta didik saling adu argumentasi
|
||||
7
|
layanan
berlangsung menyenangkan
|
assalamualaikum kak.... terimakasi sudah menginspirasi saya dengan adanya tulisan ini..... klo bisa buat ug lebih lengkapnya lagi yaa kak hehehe
BalasHapus