Senin, 20 Maret 2017

RPL Klasikal Format K13 versi PPG




RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN
BIMBINGAN KLASIKAL
SEMESTER II(GENAP)  TAHUN PELAJARAN 2016/ 2017

A
Komponen Layanan
Layanan dasar
B
Bidang Layanan
Belajar
C
Topik Layanan
Meningkatkan Konsentrasi Belajar
D
Fungsi Layanan
Pemahaman dan Pengembangan
E
Tujuan Umum
Peserta didik dapat berkonsentrasi dalam mengikuti pelajaran yang sedang di hadapi
F
Tujuan Khusus
1.      Peserta didik memahami pengertian konsentrasi belajar
2.      Peserta didik mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi dan manfaat dari konsentrasi
3.      Peserta didik mengetahui penyebab seseorang sulit berkonsentrasi
4.      Peserta didik dapat menerapkan cara-cara meningkatkan konsentrasi belajar
5.Peserta didik  menunjukkan perilaku yang positif dalam meningkatkan konsentrasi belajar
G
Sasaran Layanan
Kelas X
H
Materi Layanan
1.      Pengertian konsentrasi belajar
2.      Hal-hal yang mempengaruhi konsentrasi belajar
3.      Manfaat konsentrasi
4.      Penyebab sulit berkonsentrasi dalam belajar
1.      Cara meningkatkan konsentrasi belajar
I
Waktu
2 x 45 menit
J
Sumber
Buku tentang Meningkatkan konsentrasi, artikel, dan  media sosial
K
Metode / teknik
Diskusi
L
Media / Alat
powerpoint / Laptop , Lcd
M
Pelaksanaan / langkah-langkah

Tahap Awal

a.       Pendahuluan
1.      Menyapa peserta didik dengan ucapan salam “selamat pagi”
2.      Cek kehadiran peserta didik
3.      Memberikan ice breaking
4.      Menyampaikan tujuan dari kegiatan bimbingan klasikal yaitu agar peserta didik dapat berkonsentrasi dalam mengikuti pelajaran yang sedang di hadapi

b.      Penjelasan tentang langkah-langkah kegiatan
Menjelaskan langkah kegiatan dimulai dari membentuk kelompok, penyampaian materi dengan powerpoint, memberikan  tugas kepada tiap kelompok diskusi dan meminta setiap peserta didik agar aktif dalam  mengikuti bimbingan klasikal

c.       Mengarahkan kegiatan (konsolidasi)
Menjelaskan pentingnya membahas topik tentang meningkatkan konsentrasi

Tahap Inti

a.    Kegiatan Peserta didik
·      Peserta didik membentuk beberapa kelompok
·      Peserta didik menyimak powerpoint dan penjelasan guru
·      Setiap kelompok diminta untuk mendiskusikan cara-cara meningkatkan konsentrasi belajar
·      Peserta didik saling memberikan pertanyaan dan menanggapi hasil diskusi dari kelompok lain

b.    Kegiatan guru bimbingan konseling atau konselor
Menyampaikan materi tentang meningkatkan konsentrasi belajar yang meliputi, pengertian, faktor yang mempengaruhi, penyebab kesulitan berkonsentrasi, manfaat, dan cara-cara meningkatkan konsentrasi belajar. Memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada peserta didik untuk merespon perhatian peserta didik. Pertanyaan meliputi
1.      Apa pentingnya peserta didik berkonsentrasi dalam belajar?
2.      Apa saja manfaat dari konsentrasi belajar?
3.      Bagaimana cara meningkatkan konsentrasi belajar?
4.      apa saja yang sudah peserta didik lakukan untuk meningkatkan konsentrasi dalam belajar ?

Tahap Penutup


Merangkum kegiatan bimbingan klasikal tentang meningkatkan konsentrasi belajar dan memberikan tugas kepada peserta didik berkaitan dengan materi yang dibahas
Melihat hasil bimbingan klasikal, dan merencanakan bimbingan kelompok untuk peserta didik yang memiliki konsentrasi belajar  yang rendah
N
Evaluasi

1.      Evaluasi Proses
o   Peserta didik/konseli terlibat secara aktif dalam kegiatan layanan
o   Peserta didik/konseli memiliki antusias yang tinggi dalam kegiatan layanan
o   Peserta didik memiliki rasa nyaman selama proses bimbingan klasikal
·          

2.      Evaluasi Hasil
·         Peserta didik memiliki pemahaman diri, sikap dan perilaku
·         Peserta didik memiliki Perasaan Positif setelah bimbingan klasikal
·         Peserta didik membuat rencana kegiatan yang akan dilaksanakan pasca layanan untuk meningkatkan konsentrasi belajar
·         Pencapaian Standar Perkembangan/Kompetensi Kemandirian Peserta didik

                                                                                                           
Mengetahui                                                                             Singaraja, 21 Maret 2017
Kepala Sekolah SMA N 10 Singaraja                                     Guru BK



(......................................................)                                        (.............................................)


MATERI
A.  Pengertian Konsentrasi
Konsentrasi adalah pemusatan pemikiran kepada suatu objek tertentu. Semua kegiatan kita membutuhkan konsentrasi. Dengan konsentrasi kita dapat mengerjakan pekerjaan lebih cepat dan dengan hasil yang lebih baik. Karena kurang konsentrasi hasil pekerjaan biasanya tidak dapat maksimal dan diselesaikan dalam waktu yang cukup lama.
Oleh karena itu konsentrasi sangat penting dan perlu dilatih. Pikiran kita tidak boleh dibiarkan melayang-layang karena dapat menyebabkan gangguan konsentrasi. Pikiran harus diarahkan kesuatu titik dalam suatu pekerjaan. Dengan begitu pikiran kita makin hari akan semakin kuat. 

B.  Penyebab Susah Konsentrasi
Salah satu penyebab seseorang mengalami gangguan konsentrasi adalah karena orang tersebut gemar melamun secara berlebihan. Ketika seseorang melamun maka pikirannya akan melayang-layang sehingga kekuatan konsentrasinya menjadi lemah. Perilaku ini harus secepatnya dicegah karena jika hal ini dibiarkan terlalu lama maka orang tersebut akan menjadi gagal dalam mencapai cita-citanya.
Agar konsentrasi menjadi kuat maka kita perlu melatih konsentrasi. Pikiran perlu diarahkan hanya pada satu titik saja pada suatu waktu. Jika pikiran melayang maka orang tersebut harus diingatkan dan diarahkan agar kembali ke titik semula.
Jika anak mengalami gangguan konsentrasi maka akan berdampak buruk terhadap prestasinya di sekolah. Gangguan konsentrasi anak akan menyebabkan keterlambatan dalam hal membaca, menulis dan berhitung. Keterlambatan tersebut juga berdampak dalam kemampuannya berbahasa seperti mendengar dan membaca.
Mengingat masa kanak-kanak merupakan masa pembelajaran maka gangguan konsentrasi harus secepatnya diatasi agar pendidikan anak kedepannya akan menjadi lebih baik.


C.  Tips Meningkatkan Konsentrasi
1.   Berusahalah disiplin dengan jadwal belajar dan buatlah menjadi rutinitas.
Caranya, bisa dengan membuat jadwal belajar secara teratur. Hal ini akan membuat polan belajar kita lebih efisien.
2.   Belajar di tempat yang tenang. Karena dengan kondisi yang tenang kita dapat dengan mudah menyimak apa yang kita pelajari. Namun memang tidak semua orang memilih belajar di tempat tenang, bahkan ada yang harus mendengarkan musik agar semua pelajaran masuk. Hal itu tentu disesuaikan dengan kebiasaan setiap orang.
3.   Pada saat jeda atau istirahat belajar, coba lakukan sesuatu yang berbeda dari biasa kita lakukan. Misalnya, berjalan-jalan (apabila sebelumnya kita duduk) ke sebuah tempat yang lain, di luar lokasi belajar.
4.   Selalu ajukan pertanyaan untuk materi-materi yang telah kita pelajari. Jangan melamun saat belajar.
5.   Sebelum jam sekolah dimulai, lihat lagi catatan sebelumnya dan baca bahan belajar selanjutnya untuk mempersiapkan segala ide atau materi yang akan disampaikan pengajar.
6.   Tunjukkan minat yang besar selama mengikuti pelajaran. Hal ini penting untuk memotivasi diri.
7.   Hindari gangguan-gangguan kecil yang bisa mengganggu konsentrasi kita saat mengikuti, dengan memilih duduk di bagian depan dan jauh dari teman yang bisa bersama kita. Dengan demikian, kita akan fokus mendengarkan pengajar dan mencatat apa yang disampaikan.

D.  Manfaat/keuntungan jika mampu berkonsentrasi dengan baik pada saat mengikuti proses pembelajaran di kelas adalah sebagai berikut.
·         Lebih mudah dan cepat menguasai materi ajar yang disajikan.
·         Menambah semangat/motivasi untuk lebih aktif beraktifitas dalam belajar.
·         Memudahkan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran.
·         Suasana belajar menjadi semakin nyaman.
·         Memudahkan kita mendapatkan pengalaman yang baru.
·         Munculnya hal-hal yang positif dalam diri.
·         Dan lain-lain.
  
http://www.hprory.com/pengertian-konsentrasi/
http://www.hprory.com/pentingnya-melatih-kekuatan-konsentrasi/


INSTRUMENT EVALUASI PADA EVALUSI PROSES
OBSERVASI
No

Indikator yang diamati
SKOR
1
2
3
4
1
Peserta didik aktif dalam kegiatan layanan




2
Peserta didik antusias dalam kegiatan




3
Kreativitas peserta didik dalam kegiatan




4
Peserta didik dapat saling menghargai satu dengan yang lain




5
Aktivitas dalam setiap kegiatan kelompok




6
Dalam diskusi kelompok peserta didik saling adu argumentasi




7
layanan berlangsung menyenangkan




1 komentar:

  1. assalamualaikum kak.... terimakasi sudah menginspirasi saya dengan adanya tulisan ini..... klo bisa buat ug lebih lengkapnya lagi yaa kak hehehe

    BalasHapus

Copyright © EnnLaw | Floating Leaves template designed by ennyLaw | eLaw's Design