Jumat, 24 Januari 2014

Tujuan Pendidikan

Macam-macam Tujuan Pendidikan
Setiap Negara tentu mempunyai cita cita tentang warga negaranya akan diarahkan. Cita cita tersebut dimanifestasikan dalam bentuk tujuan pendidikannya. Cita cita bangsa Indonesia adalah terbentuknya manusia Pancasila bagi seluruh warga negaranya. Tujuan pendidikannya telah disejajarkan dengan cita cita tersebut.

Semua Instuisi atau lembaga pendidikan harus mengarahkan segal kegiatan di sekolahnya bagi pencapaian tujuan itu. Inilah yang disebut dengan tujuan umum pendidikan secara eksplisit tertera di dalam Garis-Garis Besar Haluan Negara.
Semua aparatur pemerintah termasuk petugas petugas pendidikan,harus terlebih dahulu memahami makna dari rumusan tersebut dan menerjemahkannya dalam bentuk rumusan tujuan yang sesuai dengan tingkat dan jenis pendidikan yang diselenggarakan pada lembaga tersebut. Inilah yang disebut dengan tujua instruksional.
Dengan demikian maka tujuan pendidikan nasional memiliki fungsi sebgai frame of reference untuk selanjutnya dijabarkan menjadi tujuan instruksional. Sebagai pendalaman berikut ini adalah kutipan rumusan tujuan umum tersebut : “Pengembangan di bidang pendidikan didasarkan atas falsafah Negara Pancasila dan diarahkan untuk membentuk manusia manusia pembangun ber-Pancasila dan untuk membentuk mansia Indonesia yang sehat jasmani dan rohaninya memiliki pengetahuan dan ketermapilan, dapat mengembangkan kreativitas dan tanggung jawab, dapat menyuburkan sikap demokrasi dan penuh tenggang rasa, dapat mengembangkan kecerdasan yang tinggi dan disertai budi pekerti yang luhur, mencintai bangsanya dan mencinntai sesame manusia sesuai dengan ketentuan termaktub dalam UUD 1945”.
TI         = Tujuan Instruksional
TKur.   = Tujuan Kurikuler
Dari skema tersebut akan mudah dipahami bahwa :
1.    Tujuan Instruksional adalah tujuan dari masing masing instuisi atau lembaga.
Misalnya :
-       Tujuan Sekolah Dasar
-       Tujuan Sekolah Menengah Pertama
-       Tujuan Sekolah Pendidikan Guru
Dan sebagainya yang masing masing sudah dicangkan sesuai dengan harapan lulusannya.
2.    Tujuan Kurikuler adalah tujuan dari masing masing bidang studi.
Misalnya :
- tujuan pelajaran Pendidikan Agama
- Tujuan pelajaran Matematika
- tujuan pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial
Dan sebagainya, yang akan berbeda dari satu bidang studi ke bidang studi lain, dan juga dari tingkat instuisi yang satu ke tingkat instuisi yang lain. Akan tetapi antara tujuan kurikuler sesuatu instuisi ada hubungan dengan tujuan kurikuler instuisi yang lain.
Tiap tiap tujuan, baik institusional maupun tujuan kurikuler selalu merupakan sumbangan bagi tercapainya tujuan umum, yakni tujuan pendidikan nasional.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © EnnLaw | Floating Leaves template designed by ennyLaw | eLaw's Design