Kamis, 16 Juni 2016

PENGALAMAN MENGIKUTI PROGRAM SM-3T DI ENDE, NTT


        Berbicara tentang menjadi sosok Guru, bukanlah profesi yang mudah. Apalagi jika mengabdi di daerah-daerah terpencil dan tertinggal. Pasti sangat sulit menjalani hidup yang serba kekurangan. Tetapi menjadi seorang guru tidak boleh sampai habis akal dan ide-ide dalam menjalankan tugasnya, dimanapun seorang guru di tempatkan, ia harus siap. Saya sebagai guru muda yang mungki belum selayaknya disebut sebagai Guru, karena masih banyak tingkah laku dan tindakan yang belum selayaknya dijadikan contoh atau tauladan oleh siswa, tetapi dengan semangat 45 dan keinginan yang tinggi dalam mengajar dan membimbing anak-anak, maka saya mengikuti program SM-3T (Sarjana Mendidik di daerah Terdepan, Terluar, Tertinggal).

Saya mendapatkan tempat tugas di SMA Negeri 1 Nangapanda. Wow! SMA? Negeri? Banyak pertanyaan dalam benak saya. Bagaimana Sekolahnya? Bagaimana wajah guru-guru dan siswanya? Bagaimana etika mereka? Ada air dan listrik tidak disana? Saya tinggal dimana? Ada rasa khawatir tapi penasaran di raut wajah saya, tetapi tak sedikit tips yang diberikan para senior mampu membuat saya siap untuk menjalani hari-hari, lagi pula tekad saya sudah bulat. Apapun yang terjadi nanti inilah Takdir Tuhan.



Hari-hari saya memberikan bimbingan dan layanan konseling kepada siswa memiliki tak sedikit permasalahan. Yang menjadi tranding topic adalah BOLOS. Banyak sekali siswa di sekolah ini yang membolos, minat mereka untuk belajar rendah, terutama siswa laki-laki dan bolos sudah menjadi hobi kata mereka. Tetapi saya tidak habis akal. Dengan bersikap tegas, terus mengajarkan mereka tentang kedisplinan, dan memberikan layanan konseling individu dan kelompok membuat angka kebolosan di sekolah ini menjadi berkurang. Banyak siswa yang jadi sering curhat masalah mereka, seperti masalah dengan orang tua, masalah belajar hingga masalah percintaan. Ini membuat saya jadi belajar banyak tentang kepribadian mereka dan menjadi lebih dekat dengan siswa. Sesekali saya mengajak siswa melakukan permainan yang mendidik agar mereka tidak jenuh dalam belajar.


Mempelajari budaya dan adat istiadat mereka merupakan pengalaman yang juga tak terlupakan. Seru, kadang merasa takut namun menyenangkan dan menciptakan warna baru dalam hari-hari pengabdianku. Mendapat undangan acara “Sambut Baru” anak-anak guru di sekolah, undangan acara pernikahan dan kematian juga sering saya hadiri. Yang paling berkesan adalah ketika saya bersama seorang teman guru Smanda pergi ke kampung halamannya di bajawa, kami di undang untuk mengikuti Upacara adat “REBA’A”. Yang paling unik adalah setiap acara selalu ada jogetnya.
 




Keinginanku untuk jalan-jalan di flores tercapai. Flores tidak kalah cantik dan indah dari bali. banyak bukit, gunung dan pantai sejauh mata memandang. Pasir putih pantai koka, danau kelimutu dan 17 pulau di riung sudah saya jajaki. Kurang puas jika hanya sekali kesana. Kalau ada rejeki nanti saya ingin sekali kembali ke tempat ini.


Bagi sebagian orang, setahun bukanlah waktu yang lama, setahun pengabdianku mungkin saja tak terlukis nyata perjalanannya. Tapi bagi kami guru SM3T, setahun inilah yang menghadirkan banyak pelajaran hidup. Setahun inilah yang mengubah hidupku. Setahun inilah yang memberi manfaat. Setahun inilah yang mengenalkan pada banyak makna, setahun inilah yang tak terlupakan dan setahun inilah yang membuatku mencintai negeriku.  ^.^

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © EnnLaw | Floating Leaves template designed by ennyLaw | eLaw's Design